English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » , » Tips PostPro Hasil Render SketchUp: Gratis Desain Rumah Editable

Tips PostPro Hasil Render SketchUp: Gratis Desain Rumah Editable

Written By zaid on April 3, 2015 | 10:25 AM

Jika Anda memiliki komputer dengan spek tinggi pasti tidak akan mengalami kesulitan saat ingin merender semua object modelling SketchUp. Jadi, begitu hasil render keluar, maka semua object modelling yang Anda buat dapat tercakup semua. Namun bagaimana jika spek komputer tidak memenuhi syarat? Atau, bagaimana jika komputer terlalu berat untuk merender object-object yang beragam banyaknya? Solusinya ada beberapa macam, namun terkait dengan postpro paling tidak ada dua cara yang dapat Anda lakukan.

Cara Pertama, Anda dapat menggunakan pemisahan render untuk object-object tertentu lalu digabungkan dalam sebuah software pengolah foto misalnya Adobe Photoshop atau Gimp.

Cara Kedua, Anda dapat merender object-object dasar tertentu yang masih terjangkau oleh mesin render dan spek komputer Anda. Kemudian hasil rendernya diolah lagi menggunakan software pengolah foto untuk ditambahkan elemen object yang lain.


Contoh gambar desain rumah di atas menggunakan cara yang kedua.

Untuk cara kedua, saya berikan contoh di sini sebuah hasil render desain Rumah Singgah yang saya buat sendiri. Modelling Rumah Singgah ini dibuat dalam SketchUp, kemudian dirender menggunakan V-Ray. Modelling SketchUp dan hasil render mentahnya seperti gambar berikut:



Dari gambar desain rumah singgah tersebut terlihat bagian-bagian yang saya buat modelling dalam SketchUp, object yang dirender, dan elemen-elemen yang ditambahkan dalam postpro.

Untuk berlatih render dan postpro, silahkan download gratis model SketchUp dan file-file postpro. Download juga video tutorial postpro dari Youtube. Selamat berlatih.


0 comments :

Post a Comment

Entri Populer