English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » » Mengimpor file AutoCAD ke SketchUp

Mengimpor file AutoCAD ke SketchUp

Written By zaid on February 15, 2015 | 10:26 AM

Saat hendak menggambar modelling desain sebuah rumah, kita pasti membutuhkan referensi ukuran dan bentuk dari denah dan tampak rumah tersebut. Di dalam SketchUp sendiri, Anda dapat langsung menggambar denah dan tampak sesuai desain rumah yang hendak Anda buat. Jika Anda sudah mempunyai file denah dan tampak dalam format AutoCAD maka dapat langsung diimpor ke dalam SketchUp.

Cara untuk mengimpor dari file AutoCAD ke dalam SketchUp adalah sebagai berikut:
  1. Dari pulldown menu File > import..., kemudian akan keluar kotak dialog import (tertulis Open) seperti pada gambar di bawah.
  2. Ganti files of type menjadi AutoCAD Files (*.dwg, *.dxf)
  3. Pilih file yang diinginkan pada folder penyimpanan
  4. Atur scale pada option dan pilih sesuai unit yang Anda inginkan. Saya biasa menggunakan milimeter
  5. OK > Open. Lalu tunggulah progress impor file.


Permasalahan saat impor file AutoCAD ke SketchUp

Masalah yang ditemui saat mengimpor file dari AutoCAD ke dalam SketchUp biasanya terjadi sebagai berikut:
  1. Tidak menemukan tipe file AutoCAD (*.dwg, *.dxf) pada kotak files of type. Hal ini disebabkan program SketchUp yang digunakan merupakan versi Free. Solusinya berarti Anda harus meng-upgrade menjadi SketchUp Pro. 
  2. Lupa mengubah scale pada option sehingga skala gambar pada SketchUp menjadi tidak sesuai skala gambar di AutoCAD. Default units pada saat kita mengimpor pertama kali adalah inches sehingga menjadi tidak sesuai lagi jika gambar AutoCAD yang Anda buat menggunakan skala metric. Solusinya adalah mengimpor ulang dengan memperbaiki option scale tersebut.
  3. Terdapat gambar-gambar yang tidak diperlukan yang ikut masuk dalam impor. Setelah selesai impor file, kadangkala file SketchUp kita menjadi luas sekali. Saat dilihat dengan zoom extents ternyata terdapat beberapa object yang tidak perlu. Agar lebih nyaman, Anda dapat membuang object-object tersebut dengan double klik pada komponen hasil impor tersebut. Atau bisa juga Anda explode dengan cara klik kanan pada komponen hasil impor, kemudian baru memilih object-object yang tidak diperlukan untuk dihapus.
  4. Objek yang dibuat dengan multi line di AutoCAD tidak ikut terimport ke SketchUp, Solusinya harus diexplode terlebih dahulu.

Demikian cara mengimpor file AutoCAD ke dalam SketchUp. Untuk pertanyaan atau tips dari Anda silahkan tulis komentar Anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Download versi pdf di bit.ly/CADtoSUpdf
Simak juga video tutorial postpro di bit.ly/PostproVID
Download juga koleksi denah dan modelling desain rumah template di video youtube

37 comments :

  1. Sebelum di import sdh saya gnti jadi centimeter di window, tpi pas denahnya sdh di import kok ukurannya berubah, pdhal saya memakai ukuran centimeter di autocad. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. coba Anda cek di window>system preferences>template, drawing template yang digunakan harus memakai milimeter atau meter
      2. coba cek di file AutoCAD apakah pada dimension style Anda menggunakan scale factor 1 atau tidak. akses di dimenson>dimension style manager>modify>tab primary units>scale factor

      Delete
    2. autocad unit sudah saya set meter
      scale factor dimension sudah satu

      trus sketchup sudh set template meter

      Masalhanya
      Pas Import tidak ada pilihan scale options trus setealh import jadi berbeda ukurannya

      10 meter jadi 3.05 meter

      Gimana caranya ?

      Delete
  2. setelah saya import knapa tidak bisa d push/pull ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komponen-komponen gambar yang diimport otomatis akan menjadi satu group. Coba di-explode dulu, atau bisa juga menggunakan edit group.

      Delete
    2. mas tanya kenapa udah du explode tp selalu not responding mulu. apakah pengaruh karena file cad besar

      Delete
  3. NUMPANG NANYA PAK, SAYA PUNYA FILE 3D AUTOCAD. UKURAN FILENYA 140 MB. SAYA INGIN IMPORT KE SKETCHUP TAPI TIDAK BISA. APAKAH BAPAK PUNYA SOLUSINYA DENGAN SPECK KOMPUTER YG SUDAH ADA... TKS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, gambar modelnya dipecah ke beberapa bagian agar mengurangi ukuran file. kemudian baru diimport lewat sketchup. cek juga apakah ada layer-layer yang tidak dipakai yang dapat dihapus. jika memungkinkan letakkan semua objek dalam satu layer 0.

      Delete
  4. pak bstelah mengimport biasnaya ad garis-garis yang melayang, itu bagaimana y solusinya?? terima ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek di sini http://desainrumahtemplate.blogspot.co.id/2016/07/mengatasi-garis-melayang-saat.html

      Maaf agak lama menjawab dikarenakan kesibukan offline. Semoga Anda tetap setia membaca dan mengkritisi blog ini. Terima kasih kunjungannya.

      Delete
  5. Pak, mau tanya biasanya saya import cad ke sketcup berhasil muncul. Tpi skrg" ini saya import,cad tdk ada gambar yg muncul di sketcup sy, penyebabnya apa ya.. mohon bantuannya...thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah Anda mengupdate AutoCAD ke versi yang lebih tinggi? Karena pada prinsipnya file AutoCAD tidak boleh lebih tinggi versinya (tahun release-nya) daripada SketchUp. Jika versi AutoCAD sudah lebih tinggi, solusinya adalah dengan save as ke versi yang lebih rendah sehingga bisa dibaca di SketchUp.

      Delete
    2. Mungkin bisa saja gambar dari autocad tidak tepat di tengah koordinat gambar jadi jika di sketchup juga melenceng dari tengah2 koordinat sketchup

      Delete
  6. pak tolong bantu saya.. saya mau tanya, kenapa ya sketchup 2015 saya tidak bisa import format file .dwg? kira kira apa penyebabnya ya pak? baru baru ini saya update versi sketchup, apakah itu mempengaruhi? mohon bantuannya.. makasih pak.. saya jadi tidak bisa mengerjakan tugas.. tolong dijawab secepatnya... saya besok kuliah pagi pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar menu import .dwg bisa muncul gunakan SketchUp Pro.
      Maaf ya, baru ngecek blog. Padahal sudah link ke gmail tapi keknya ketumpuk pesan-pesan yang lain. Oya, barangkali lain waktu bisa sambil mention saya di twitter @runidiaz biar tidak nyangkut lagi. Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  7. min mohon bantuan nya nih, ane punya denah yang bentuk nya lengkung2 nah setelah di import ke sketcup itu ga bisa di pusp/pull padahal udah di explode sama edit grup...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kurvanya masih bocor. Tidak tertutup sempurna.

      Delete
  8. Om mau tanya dong, dimensi(ukuran) yg di gambar di dwg/autocad saat di export ke sketchup ko ilang yah (mungkin ga kebaca) tau solusinya ga om supaya dimensinya muncul di sketchup ? Tq hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang, dimensi di AutoCAD tidak bisa diimport ke dalam SketchUp. Solusinya...mmm...bikin baru di SketchUp :)
      Btw kalau saya sih masih pakai Cad kok untuk membuat gambar kerja.

      Delete
  9. Pak mau tanya, cad saya 2007, biasanya saya pakek cad 2010, saya import ke google sketchup pro 8, trus d explode, bisa di warnai, kenapa pas saya import dr cad 2007 gk bisa di warnai ya? Masalah di cad nya atau bagaimana pak? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda membuat modelling 3d seluruhnya di CAD ya mas? Kemungkinan karena perbedaan fasilitas antara CAD 2010 dengan CAD 2007 mas Iqbal. CAD 2010 mulai memperkenalkan mesh 3d solid modelling dan surface modelling, sementara di CAD 2007 belum. Solusinya, saran saya, kembali memakai CAD 2010 atau re-modelling di SketchUp.
      Terima kasih kunjungannya.

      Delete
  10. kalau denah yang kita buat lalu di import ke skecthup berbentuk garis tetapi garis 3d masalahnya apa yak pak ? jadi tidak berbentuk bidang

    ReplyDelete
  11. PAK MAU NANYA, SAYA EXPORD GAMBAR CAD KE SKETCHUP BERUPA 3D LINGKARAN, LALU TIDAK SEMPURNA ITU GINANA

    ReplyDelete
  12. Pak, maaf mau nanya sketchupnya pro trus pke cad 2007 kok msh gk muncul dwg yah? Mohon bantuannya. Trims

    ReplyDelete
  13. maaf mau nanya kalau file cad civil gmana cara impornya ke skectchup?

    ReplyDelete
  14. gan, bisa bantu sharing sebentar,,, kenapa kalo hasil inport file dari autocad ke sketchup tidak bisa gunakan tool flatshot, untuk merubah gambar 3d ke 2d.

    ReplyDelete
  15. Mau tanya om, pas import ga ada format dwg di dialog import. Itu gimana ya?

    ReplyDelete
  16. mau tanya om dulu waktu export import sketchupnya bisa baca format dwg.tapi sekarang malah gak bisa.bagaimana ya solusinya ?

    ReplyDelete
  17. Kenapa masih muncul sketchup Import Failed, padahal di cad sudah di explode semua .Minta sarannya boss

    ReplyDelete
  18. minnn, kenapa waktu saya import dari autocad ke sketchup nyangkut 3% terus nggk jalan jalan? padahal untuk versi dan scale sudah saya periksa, dan sudah sesuai dengan ketentuan. terimakasih mohon dijawab

    ReplyDelete
  19. Maaf mau nanya,, klo dri autocad 2007 ko g ada menu importnya ya...? Tolong solusinya..makasih

    ReplyDelete
  20. Kalo google sketchup ga bisa yaa

    ReplyDelete
  21. maaf pak izin bertanya, bagaimana cara menambahkan format .dwg ke import ya pak ?? soalnya file type import sketch up 2016 itu tidak ada pilihan import file .dwg

    ReplyDelete
  22. Bang, knapa kok sy import gbr dri dri CAD 14 ngga muncul d sketchup 17, mohon bantuannya bang !!!

    ReplyDelete
  23. Bagaimana nak wujudkan 'dwg'dalam file of type yang kita ingin pilih? Kt saya tiada 'dwg' . yg lain ada.

    ReplyDelete

Entri Populer