English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rumah 7.5x15

Written By zaid on June 11, 2018 | 6:34 AM



Desain rumah hunian bersifat personal. Setiap keluarga mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. itulah mengapa sebagian besar perumahan didesain ulang oleh pemiliknya.
---------------------------------------------------------------
Silahkan nikmati video dan download file SketchUp-nya gratis di youtube
---------------------------------------------------------------
Berikut kami hadirkan desain rumah dengan luas lahan 7.5m x 15m. Kesulitan tapak ini adalah posisi arah hadapnya terhadap jalan yang membujur memanjang. Karena posisinya ini, bagian depan lahan harus direlakan untuk dikosongkan sebagai sempadan jalan. Area lahan yang dikosongkan ini dapat dimanfaatkan untuk taman. Sirkulasi antar ruang berawal dari entrance yang berada di bagian kanan mengalir ke arah kiri. Penempatan ruang didesain sedemikian rupa sehingga semua ruang memperoleh akses penghawaan dan pencahayaan alami.
Penempatan ruang juga mempertimbangkan struktur dan utilitas. Penempatan kamar mandi lantai dua berada di atas kamar mandi lantai satu agar jalur perpipaan air limbahnya efisien dan dapat dimaintenance dengan mudah. Dapur dibuat terbuka dengan pertimbangan keamanan. Agar jika terjadi kebocoran gas dapat segera mengalir ke udara bebas. Itulah mengapa diperlukan penempatan pintu yang langsung mengarah ke luar rumah. Selain itu dapat dimanfaatkan pula untuk jalur evakuasi saat keadaan darurat. Untuk jalur pembuangan sampah dapur juga lebih mudah dan tidak mengganggu jalur sirkulasi main entrance. Dari sisi kesehatan, akses ini juga dibutuhkan agar kuman dari sampah tidak tersebar ke ruang-ruang utama di dalam rumah.
Penempatan tangga pada posisi yang tidak mengganggu aktivitas pada ruang-ruang lain, namun juga dengan pertimbangan agar pencapaiannya mudah (aksesibel). Sekali lagi, kelebihan rumah tinggal ukuran kecil dan sedang adalah akses dan sirkulasinya yang sederhana dan tidak membutuhkan energi ekstra untuk mencapai ruang-ruang di dalam rumah.
Satu lagi, pencahayaan alami tambahan diperoleh dari void lantai dua yang mempunyai bukaan jendela besar di bagian depan. Pencahayaan alami ini diperhitungkan dapat mencapai area tangga dan menyebar ke lantai satu.
Silahkan nikmati video dan download file SketchUp-nya gratis di youtube

0 comments :

Post a Comment

Entri Populer