English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Renovasi Rumah Tumbuh Type 36

Written By zaid on June 12, 2018 | 10:06 AM


Berikut kami berikan alternatif denah untuk renovasi perumahan. Rumah yang awalnya type 36 dapat direnovasi menjadi satu lantai dan dua lantai. Atau dapat pula dilakukan sistem rumah tumbuh, yaitu dengan mengembangkan ruang-ruangnya ke belakang dengan penambahan struktur untuk dua lantai. Lalu pada tahap berikutnya renovasi dilanjutkan ke lantai dua. Ini untuk menyiasati biaya renovasi agar tidak terlalu besar.
Renovasi dilakukan agar memperoleh ruang-ruang yang lebih lengkap untuk memenuhi kebutuhan penghuni. Kebutuhan pertama adalah ruang makan dan dapur yang dibuat di bagian belakang yang masih berupa lahan kosong. Kemudian ruang keluarga juga dapat diletakkan di sisi sebelah dapur dan ruang makan.

Kemudian karena ruang tamu membutuhkan luasan yang lebih besar, maka ruangan depan yang sebelumnya dua buah kamar tidur disatukan menjadi ruang tamu. Selanjutnya ruang tidur menjadi satu, digeser ke sebelah kamar mandi. Untuk kamar mandi tidak ada pergeseran, hanya diperbesar sedikit agar tidak terlalu sempit. Hal ini karena alasan perhitungan biaya renovasi agar tidak terlalu membengkak. Terakhir adalah penambahan carport dan pergeseran teras di halaman depan.
Pada tahap renovasi berikutnya, membuat lantai dua. Lantai dua dibuat untuk memenuhi kebutuhan kamar-kamar tidur dengan dilengkapi kamar mandi. Untuk alasan efisiensi utilitas dan maintenance maka kamar mandi di lantai dua dibuat di atas kamar mandi lantai satu. Untuk kebutuhan pencahayaan dan penghawaan dibuatlah void di samping kamar mandi. Selain itu dibuat pula void di atas ruang tamu agar terkesan lega, selain juga untuk memasukkan cahaya alami ke dalam rumah.

---------------------------------------------------------------------------
Tonton videonya dan download file SketchUp-nya di channel youtube ini

1 comments :

  1. Pusat Jasa Pengecatan terlengkap, termurah, dan bergaransi

    Menyediakan jasa pengecatan :

    Cat Polos
    Cat Dekoratif
    Cat Tekstur
    Cat Wash
    Dinding Fresco Stucco
    Motif Marmer
    Cat Lapangan OLahraga

    ReplyDelete

Entri Populer